FURKON, MUCHAMAD (2025) PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI BERCERITA TERHADAP NYERI ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI IGD RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
|
Text (COVER)
COVER .pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Muchamad Furkon PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI BERCERITA TERHADAP NYERI ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI IGD RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN xv + 65 Hal + 17 Tabel + 4 Gambar Latar Belakang: Prosedur pemasangan infus merupakan tindakan invasif yang sering kali menimbulkan rasa nyeri pada anak usia prasekolah. Nyeri yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan kecemasan, ketakutan, bahkan trauma psikologis pada anak. Salah satu metode non-farmakologis yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri adalah teknik distraksi bercerita. Teknik ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak dari prosedur medis yang menyakitkan, sehingga dapat membantu menurunkan tingkat nyeri yang dirasakan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan two-group post-test only design untuk mengevaluasi pengaruh teknik distraksi bercerita terhadap tingkat nyeri anak usia prasekolah yang dilakukan pemasangan infus di IGD RSUD Bendan Kota Pekalongan. Sampel penelitian berjumlah 48 responden, yang dibagi menjadi kelompok intervensi (24 anak) dan kelompok kontrol (24 anak), dipilih dengan metode consecutive sampling. Pengukuran tingkat nyeri dilakukan menggunakan Wong-Baker Faces Pain Rating Scale, dan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan tingkat nyeri antara kedua kelompok. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol (tanpa teknik distraksi bercerita), mayoritas anak mengalami nyeri sedang (83,3%) dan nyeri berat (16,7%). Sementara pada kelompok intervensi (dengan teknik distraksi bercerita), sebagian besar anak mengalami nyeri sedang (58,3%), dan 41,7% mengalami nyeri ringan. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan intervensi, sehingga teknik distraksi bercerita terbukti efektif dalam menurunkan tingkat nyeri anak usia prasekolah yang menjalani pemasangan infus. Kesimpulan:Teknik distraksi bercerita efektif dalam menurunkan tingkat nyeri pada anak usia prasekolah yang dilakukan pemasangan infus di IGD RSUD Bendan Kota Pekalongan. Oleh karena itu, teknik ini dapat diterapkan oleh tenaga kesehatan sebagai metode non-farmakologis dalam manajemen nyeri anak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Nyeri, teknik distraksi bercerita, pemasangan infus, anak prasekolah. |
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
| Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:37 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:37 |
| URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

