MARTYANA, ANNISA NUR (2025) PENERAPAN TERAPI BERMAIN TERAPEUTIK PUZZLE TERHADAP TINGKAT ANSIETAS PADA ANAK PRESCHOOL DENGAN DHF (DENGUE HAEMORAGIC FEVER) DI RSUD Dr. GONDO SUWARNO UNGARAN. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN .pdf - Published Version Download (376kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Dengue Hemoragic Fever (DHF) merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan menjadi masalah kesehatan utama di daerah tropis, termasuk Indonesia. Anak-anak adalah kelompok yang rentan terinfeksi karena sistem imun yang belum matang sehingga lebih mudah mengalami infeksi. Hospitalisasi akibat DHF seringkali menimbulkan kecemasan yang dapat menghambat proses penyembuhan. Berbagai intervensi diperlukan yang dapat membantu anak beradaptasi salah satu intervensi dapat dilakukan selama perawatan adalah dengan terapi bermain puzzle yang mampu mmemberikan distraksi positif, meningkatkan konsentrasi, memberikan rasa nyaman, dan menurunkan tingkat kecemasan. Tujuan : Menerapkan terapi bermain Terapeutik Puzzle sebagai intervensi terapeutik kepada anak Preschool dengan DHF untuk menurunkan tingkat kecemasan. Metode : studi kasus ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen pretest posttest without control group design pada 4 anak usia 3-6 tahun. Tingkat ansietas diukur menggunakan kuesioner Spence Children’s Anxiety Scale (SCAS) sebelum dan sesduah dilakukan terapi bermain selama 3 hari secara berturut-turut. Hasil : Hasil Studi kasus menunjukan adanya penurunan skor ansietas pada hari ke 3, seluruh responden dari nilai 16 (cemas ringan) menjadi 7 (tidak cemas), setelah diberikan terapi bermain puzzle, anak tampak menjadi lebih kooperatif, lebih rileks dan dapat mengikuti tindakan. Intervensi ini juga membantu orang tua lebih tenang dalam mendampingi anak selama perawatan. Kesimpulan : terapi bermain puzzle efektif untuk menurunkan tingkat ansietas pada anak preschool dengan DHF dan dapat menjadi intervensi nonfarmakologis yang mendukung proses penyembuhan .
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | DHF,Terapi Bermain,Puzzle, Kecemasan |
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > Pendidikan Profesi Ners |
| Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 03:00 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 03:00 |
| URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

