PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KEPUASAN PASIEN DENGAN MENERAPKAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) MENGGUNAKAN POWER BI DI UPTD PUSKESMAS MIJEN

DEVI, KARTIKA RAHMA (2025) PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KEPUASAN PASIEN DENGAN MENERAPKAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) MENGGUNAKAN POWER BI DI UPTD PUSKESMAS MIJEN. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (PERSETUJUAN)
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (PENGESAHAN)
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (11MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Data kepuasan pasien di Puskesmas Mijen disajikan secara manual tanpa sistem real-time, sehingga diperlukan solusi berbasis Business Intelligence (BI) untuk mendukung evaluasi layanan secara cepat dan terarah. Metode : Penelitian ini menggunakan metode perancangan sistem berbasis Business Intelligence (BI) dan melakukan analisis data menggunakan pendekatan BI melalui Power BI untuk menghasilkan visualisasi data kepuasan pasien dalam bentuk dashboard interaktif. Hasil Penelitian: Dashboard yang dirancang berhasil menampilkan informasi penting seperti total ulasan, rata-rata rating, tren bulanan, dan kategori aspek pelayanan dalam bentuk visual yang informatif. fitur interaktif seperti searching juga mendukung eksplorasi data yang efisien. Kesimpulan: Penerapan dashboard berbasis BI di UPTD Puskesmas Mijen terbukti efektif dalam memantau kepuasan pasien secara real-time, membantu manajemen dalam evaluasi layanan, serta mempercepat pengampilan keputusan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Power BI, Kepuasan Pasien, Dashboard
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Informatika Medis
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:16
Last Modified: 05 Nov 2025 07:16
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item