Persepsi Pasien Pengguna Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Pecangaan Kota Jepara dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

PURWANINGTYAS, ANGGITA PUTRI (2025) Persepsi Pasien Pengguna Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Pecangaan Kota Jepara dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (PERSETUJUAN)
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (PENGESAHAN)
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan teknologi informasi telah membawa inovasi signifikan di bidang kesehatan, salah satunya adalah aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah akses layanan kesehatan bagi peserta. Data BPJS Kesehatan menunjukkan hanya sekitar 10% dari total peserta JKN di wilayah Puskesmas Pecangaan yang aktif menggunakan aplikasi mobile JKN. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami secara mendalam fenomena persepsi pasien terhadap aplikasi mobile JKN, termasuk pengalaman, pandangan, dan interpretasi mereka. Subjek penelitian adalah 5 pasien pengguna aplikasi mobile JKN di Puskesmas Pecangaan yang memiliki pengalaman cukup dalam menggunakan aplikasi tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan pedoman wawancara. Hasil Penelitian : Hasil wawancara menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi mobile JKN di Puskesmas Pecangaan belum optimal, meskipun petugas telah memberikan edukasi. Pasien masih mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi, dan tingkat kesadaran serta antusiasme masyarakat untuk layanan non-tatap muka masih rendah, terlihat dari masih banyaknya antrean pasien. Kendala yang dihadapi meliputi faktor internal seperti gangguan sistem/error dan faktor eksternal seperti penyimpanan handphone penuh, masalah jaringan, kurangnya pemahaman pengguna, dan persyaratan login yang tidak lengkap. Secara keseluruhan, aplikasi ini dianggap bermanfaat karena menghemat waktu, tenaga, dan biaya, serta mempermudah proses administratif. Kesimpulan : Pemanfaatan aplikasi mobile JKN di Puskesmas Pecangaan sudah berjalan tetapi belum optimal. Pegawai di Puskesmas Pecangaan telah menggunakan dan memberikan edukasi mengenai aplikasi mobile JKN kepada peserta. Meskipun demikian, pasien masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi. Tingkat kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk mendapatkan pelayanan melalui layanan non tatap muka juga masih rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pengguna Aplikasi, Mobile JKN
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Informatika Medis
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:36
Last Modified: 11 Nov 2025 03:36
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item