Irwan, Mochamad (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TRANSFER PASIEN RAWAT INAP DARI INSTALASI GAWAT DARURAT BERDASARKAN INDIKATOR MUTU RUMAH SAKIT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA BINTARO. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (Full Paper)
Mochamad Irwan.pdf - Published Version Download (43MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan hal yang sangat subyektif, sulit untuk diukur, dapat berubah-ubah, serta banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit meliputi tangibles (tampilan fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Pelayanan gawat darurat tidak hanya menuntut seorang perawat bisa melakukan tindakan secata cepat dan tepat saja tetapi, bagi sebagian besar pasien kehadiran, penampilan, sapaan dan perhatian, dan respon petugas merupakan kunci dari kepuasan terhadap pelayanan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional untuk mencari hubungan waktu tunggu transfer pasien rawat inap dari IGD ke ruang perawatan berdasarkan indikator mutu rumah sakit dengan kepuasan pasien di IGD rumah sakit Mitra Keluarga Bintaro dengan pendekatan Cross Sectional. Hasil: Hasil analisis uji spearman rho yang menunjukkan nilai p 0,000 (p ≤ 0,05), maka H0 ditolak yang berarti antar variabel terdapat hubungan yang signifikan dengan kekuatan korelasi sangat kuat (r0,844), dan arah korelasi positif. Kesimpulan: Ada hubungan lama waktu tunggu transfer pasien rawat inap dari IGD dengan kepuasan pasien di IGD di RS Mitra Keluarga Bintaro.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | waktu tinggi, kepuasan pasien, IGD |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2350 |
Actions (login required)
View Item |