STUDI KORELASI MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS KEN SARAS

SETYA, FARIL EBBY (2023) STUDI KORELASI MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS KEN SARAS. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Full Paper)
FARIL EBBY SETYA .pdf - Published Version

Download (40MB)

Abstract

Mutu Pelayanan merupakan aspek yang penting untuk meningkatkan kepuasan pasien serta menaikan citra rumah sakit di kalangan pasien maupun masyarakat .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Lima dimensi Mutu pelayanan yang diteliti mencakup : kehandalan (reliability), responsivitas (responsiveness), empati (empathy), penampilan (tangibles), dan jaminan (assurance). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 45 responden yang terdiri dari pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Ken Saras. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan atau korelasi yang signifikan dan searah antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien, rawat jalan yang berarti jika mutu pelayanan ditingkatkan, maka tingkat kepuasan pasien utamanya rawat jalan juga akan meningkat. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi Rumah Sakit Ken Saras untuk meningkatkan mutu pelayanan terkait dengan 5 dimensinya. Apabila mutu pelayanan maksimal, maka kepuasan pasien akan ikut maksimal dan target, visi dan misi rumah sakit dapat diraih dengan lancer dan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Studi, Korelasi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, rawat jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Informatika Medis
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:41
Last Modified: 01 Dec 2023 02:41
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item