DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI ANAK YANG MENGALAMI TUNA WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA INSAN TIARA BANGSA BOJA

MARHENUS, NATANIEL PRASAVA (2022) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI ANAK YANG MENGALAMI TUNA WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA INSAN TIARA BANGSA BOJA. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (FULL PAPER)
NATANIEL PRASAVA MARHENUS .pdf - Published Version

Download (57MB)

Abstract

Latar Belakang : Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan seorang anak, dimana melalui bahasa anak mampu berinteraksi dengan orang lain. Namun, dalam kondisi anak yang mengalami tuna wicara, perkembangan bahasa mengalami gangguan sehingga mempengaruhinya dalam interaksi sosial. Anak tuna wicara memiliki hambatan dalam berkomunikasi sehingga membutuhkan orang terdekat seperti keluarga agar bisa bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dukungan sosial keluarga yang diberikan kepada anak penyandang tuna wicara di SLB Insan Tiara Bangsa Boja dengan jumlah penyandang tuna wicara sebanyak 4 orang diantaranya 2 laki-laki dan 2 perempuan dengan faktor penyebab yang berbeda. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan kriteria inklusi keluarga inti dari tuna wicara dan jumlah partisipan 4, pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, uji keabsahan dengan menggunakan memberchecking, proses analisa data berdasarkan Colaizzi yaitu mencari pernyataan penting atau kata kunci, mengkategorikan kata kunci, membuat sub tema dan tema. Hasil : Dukungan sosial keluarga yang teridentifikasi melalui pengetahuan tentang definisi tuna wicara dan penyebabnya, mempermudah keluarga dalam menentukan penanganannya yakni dengan terapi (mandiri & medis), kemampuan interaksi anak menggunakan bahasa isyarat sebagai bentuk penyampaian keinginan. Sebagaimana bentuk dukungan sosial dan strategi untuk menunjang kemampuan anak dalam berinteraksi oleh keluarga, yakni dengan cara meluangkan waktu, dalam melakukan interaksi tidak bicara terlalu cepat, tidak berkomunikasi di tempat gelap, lakukan kontak mata saat mengajarkan anak kosa kata baru, serta mendukung anak dalam pendidikan. Kesimpulan : Melalui pengetahuan keluarga tentang tuna wicara dan jenis terapinya mempermudah keluarga mengambil keputusan, hal ini tampak dari strategi yang dilakukan dan hasil yang didapatkan untuk menunjang kemampuan interaksi anak tuna wicara sebagai bentuk dari dukungan sosial keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak tuna wicara, dukungan sosial keluarga, kemampuan interaksi.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:15
Last Modified: 30 Jan 2023 02:18
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item