PENERAPAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA JRAGUNG KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK

Risa, Yuliana (2022) PENERAPAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA JRAGUNG KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Full Paper)
Yuliana Risa.pdf - Published Version

Download (53MB)

Abstract

Latar belakang: Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk menilai, mengelola dan mengendalikan emosi diri sendiri maupun orang lain disekitarnya. Upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak tidak hanya melalu bermain tetapi bisa diberikan teknik latihan seperti brain gym. Brain gym yang artinya (senam otak) merupakan suatu sistem berbasis gerakan sederhana yang menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan belajar, memproses sebuah informasi penuh kasih sayang, dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan kecerdasan emosional pada anak-anak. Tujuan: Untuk mengetahui Penerapan Brain Gym Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Di Desa Jragung Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Metode: Studi kasus ini menggunakan teknik analisa Statistic deskriptif. Instrumen yang digunakan lembar observasi brain gym dan pretest serta posttest kuisoner kecerdasan emosional dengan kriteria X ≥ 48: tinggi, X ≥ 24: rendah. Studi kasus ini mengunakan 4 subyek dan penyajian data dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil: Subyek pada hari ketiga rata-rata kecerdasan emosional anak sebelum pelaksanaan Brain Gym adalah 51 yaitu berada pada kategori rendah dan 53 adalah yang tertinggi. Setelah diberikan Brain gym nilai tertinggi berada di 67 dan yang terendah 58. Kesimpulan: Hasil studi kasus didapatkan Penerapan Brain Gym Untuk Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Di Desa Jragung Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak efektif untuk dapat meningkatkan bimbingan dan penekanan materi tentang konsep dasar keperawatan anak, tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan emosional anak, khususnya tentang pelaksanaan Brain Gym yang terbukti efektif terhadap peningkatan tingkat kecerdasan emosional pada anak Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Brain Gym, Anak
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:04
Last Modified: 30 Jan 2023 07:14
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item