PENERAPAN FINGER PAINT UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRA SEKOLAH

Maelany, Ika (2022) PENERAPAN FINGER PAINT UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRA SEKOLAH. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Full Paper)
Ika Maelany.pdf - Published Version

Download (48MB)

Abstract

Latar Belakang : Pada umumnya usia pra sekolah merupakan suatu masa pada anak dengan pencapaian aktivitasnya yang mandiri, anak juga mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik dan keberanian, biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Perkembangan motorik halus perlu dipahami terutama pada awal masa perkembangan yaitu masa kanak-kanak sehingga motorik halus ini dapat dianggap penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus salah satunya yaitu menggambar dengan jari (finger painting). Finger painting merupakan kegiatan melukis dengan jari yang dilakukan dengan cara menggoreskan pewarna secara langsung dengan jari tangan, telapak tangan secara bebas diatas kertas, hal ini anak dapat mengekplorasi ide-ide bebas untuk mengembangkan ketrampilan motorik halusnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Finger Painting yang diterapkan oleh orang tua anak pada saat pendampingan belajar dirumah dalam mengembangkan Motorik Halus anak Pra Sekolah. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus dengan jumlah subjek 5 orang melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan SOP dengan analisis deskriptif. Kriteria inklusinya yaitu anak berusia 3-5 tahun, orang tua mengijinkan anak menjadi subjek, anak dalam kondisi sehat dan kooperatif, sedangkan kriteria ekslusinya yaitu subjek yang tidak ada dalam pelaksanaan studi kasus. Hasil : didapatkan hasil sebagian besar anak berkembang sangat baik sebanyak 2 orang dan belum berkembang juga sebanyak 2 orang. Sedangkan anak yang berkembang sesuai harapan ada 1 orang. Implikasi : kegiatan finger painting dapat bermanfaat untuk menstimulasi aspek motorik halus anak karena dengan melakukan kegiatan finger painting anak dapat menggeraknggerakkan jarinya sehingga melibatkan gerakan otot-otot kecil dan kematangan syaraf

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Finger Paint, Motorik Halus, Usia Pra Sekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:34
Last Modified: 19 Oct 2022 02:34
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item