Wulandari, Maya (2022) PENERAPAN EDUKASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR UNTUK IBU YANG MEMPUNYAI ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (FULL PAPER)
Maya Wulandari .pdf - Published Version Download (35MB) |
Abstract
Latar Belakang : Edukasi merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri atau kualitas dari pola pikir dan pengetahuan dari suatu individu atau kelompok. Ibu adalah sebutan umum kepada seorang wanita atau perempuan yang sudah menikah dan mempunyai anak. Motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri (Oramas, 2016). Tujuan : bertujuan untuk mengetahui penerapan edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan studi kasus pretest dan posttest. Hasil : Hasil penelitian diketahui sebelum dilakukan penerapan edukasi 4 responden memiliki pengetahuan rendah dan setelah dilakukan meningkat tinggi, responden 1 mendapat skor 80, responden 2 skor 60, responden 3 skor 80 dan responden 4 skor 80. Kesimpulan penelitian ini yaitu edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun untuk meningkatkan pengetahuan ibu. Kesimpulan : Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun untuk meningkatkan pengetahuan ibu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Ibu, Motorik kasar |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > Pendidikan Profesi Ners |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:21 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1246 |
Actions (login required)
View Item |