HAKIM, FAIZ LUTFI (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 31 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
![]() |
Text (COVER)
cover.pdf - Published Version Download (8MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (411kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version Download (356kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (6MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Faiz Lutfi Hakim HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING Faiz Lutfi Hakim*, Mariyati xiv + 85 Hal + 10 Tabel + 2 Gambar Program Studi Keperawatan, Universitas Widya Husada Semarang, Jl. Subali Raya No.12, Krapyak, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah 50146, Indonesia *fazzluki170899@gmail.com Latar Belakang : Kasus perundungan di dunia pendidikan Indonesia paling sering terjadi di jenjang SMP dan pelaku tidak hanya sesama siswa tetapi juga pendidik. Bullying adalah sebuah bentuk hasrat untuk menyakiti lewat bentuk aksi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penderitaan. Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui Untuk mengetahui Hubungan dukungan teman sebaya dengan resiliensi siswa korban bullying. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain non-experimental dengan pendekatan cross sectional yang termasuk kedalam jenis penelitian descriptive correlational dengan subjek penelitian sebanyak 74. Pengambilan sampel sederhana pada penelitian menggunakan metode purposive sampling yang dihitung dengan rumus slovin dan menghasilkan sebanyak 62 sampel. Hasil Penelitian : Pengumpulan data menggunakan Metode penelitian descriptive correlational dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mencari hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi siswa korban bullying. Dimana nanti responden akan diberikan kuesioner untuk diisi dan kemudian hasilnya dikembalikan atau diberikan kepada peneliti untuk dilakukan analisa data dan teknik pengumpulan data menggunakan dua kuesioner yaitu kuesioner dukungan sosial teman sebaya dengan menggunakan skala likert yaitu skor 1 sampai dengan 4 poin didalamnya dan pada kuesioner resiliensi berisikan dengan menggunakan skala likert 1 sampai dengan 7 poin di dalamnya. Kemudian Data dianalisis menggunakan uji rank spearman dengan tujuan mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menggambarkan P value 0,000 uji rank spearman. Menghasilkan p-value 0,000 yaitu 0,000 < 0,05. Dan mendapat nilai rho = 0,790, nilai keeratan (rho = 0,790) bahwa arah hubungan korelasi positive yang artinya semakin tinggi dari dukungan sosial teman sebaya maka tingkat resiliensi siswa tersebut akan semakin tinggi. Kesimpulan : Terdapat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi siswa korban bullying di di SMP Negeri 31 Kota Semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bullying; dukungan teman sebaya; resiliensi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:04 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |