Mauliana, Erin Kartika (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RADIOLOGI. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (Full Paper)
Erin Kartika Mauliana.pdf - Published Version Download (44MB) |
Abstract
Menurut Kepmenkes No.129 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, standar kepuasan pasien yang harus dicapai oleh radiologi adalah ≥ 80%. Bertolak dari hal tersebut penulis menjumpai permasalahan yang melatarbelakangi penelitian mengenai kepuasan pasien yakni perbedaan teori dimensi mutu pelayanan yang digunakan dalam kedua jurnal, dalam jurnal 1 menggunakan teori dimensi mutu pelayanan dari Pohan (2006). Sedangkan pada jurnal 2 menggunakan teori dimensi mutu pelayanan dari Muninjaya (2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di Instalasi Radiologi menurut jurnal “Mutu Pelayanan Radiologi Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar” dan jurnal “Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Radiologi RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literature. Waktu penelitian berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus 2020. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dengan mengumpulkan sumber-sumber literature/jurnal. Kemudian data yang diperoleh tersebut dikategorikan untuk disajikan kedalam tabel dan dibuat koding terbuka selanjutnya dilakukan interpretasi data untuk mendapatkan kesimpulan dan saran. Hasil dari penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Bhayangkara Makassar berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 4,56 atau 91,3%, skor terendah terlihat pada aspek mekanisme pengaduan konsumen dengan total skor 689 dan bobot 4,5. Tingkat kepuasan pasien di Instalasi Radiologi RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata keseluruhan aspek sebesar 4,54 atau 91%. Skor terendah pada dimensi emphaty (emphaty) yaitu pada indikator kepedulian petugas diperoleh skor 396 dan bobot 4,3. Serta disarankan kepada pihak rumah sakit dan seluruh staf radiologi Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk menggunakan teori kepuasan pasien dari Zeithaml & Parasuraman yang dikutip oleh Muninjaya (2013), yaitu Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati), Tangibles (Bukti Fisik) karena dengan menggunakan teori tersebut setiap aspek pertanyaan yang diajukan akan lebih terperinci dan valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pasien, Radiologi |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medik > D3 Teknik Rontgen |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:41 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |