Sari, Ririn Nur Indah (2018) HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT DENGAN PERAN PERAWAT ANAK DALAM PENDAMPINGAN TERAPI BERMAIN DI RUANG DAHLIA RSUD dr. H SOEWONDO KENDAL. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (Full Paper)
Ririn Nur Indah Sari.pdf - Published Version Download (58MB) |
Abstract
Latar Belakang : Beban kerja perawat sangat berpengaruh terhadap pendampingan terapi bermain. Kurangnya peran perawat dalam pendampingan terapi bermain anak disebabkan oleh beban kerja yang berlebih, kurangnya sarana dan prasana,belum adanya jadwal terapi bermain, dan jumlah perawat hanya 18 Menurut teori Gilles dengan jumlah tempat tidur dibutuhkan 29 perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Peran Perawat Anak dalam Pendampingan Terapi Bermain di Ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal. Metode : jenis penelitian ini Deskriptif Korelasi dengan cross sectional. Teknik sampling dengan Total Sampling, sampel 18 responden pengambilan data menggunakan kuesioner kemudian di olah kedalam uji statistic Spearman Rank. Hasil : Berdasarkan penelitian didapatkan 10 responden (55,6%) memiliki beban kerja berat dan 8 responden (44,4%) memiliki beban kerja ringan. Peran perawat dalam katagori baik 5 responden (27,8%) dan kurang 13 responden (72,2%). Hasil analisa uji Rank Spearman, di peroleh hasil nilai koefisien korelasi -868 masuk dalam katagori sangat kuat, dan diperoleh nilai p value 0,000 (< 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan : Ada Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Peran Perawat Anak dalam Pendampingan Terapi Bermain di Ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Kerja, Peran Perawat Anak, Terapi Bermain |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:57 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
View Item |