HUBUNGAN ANTARA BULLYING DENGAN HARGA DIRI SISWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG

Lusa, Rio Orey (2018) HUBUNGAN ANTARA BULLYING DENGAN HARGA DIRI SISWA DI SMP NEGERI 31 SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Full Paper)
Rio Orey Lusa.pdf - Published Version

Download (55MB)

Abstract

Latar Belakang : Bullying merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak. Beberapa jenis bullying yang sering terjadi diantaranya meliputi bullying fisik, bullying verbal, bullying mental/psikologis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan pada tanggal 05 maret 2018 dengan cara wawancara guru BK (bimbingan konseling) SMP Negeri 31 Semarang, 5 dari 10 siswa siswi pernah mengalami tindakan bullying dari siswa lain, baik secara fisik seperti dicubit, didorong dan secara lisan seperti diejek dan dipanggil dengan nama orang tua. dengan persentase 40% bullying verbal, 30% bullying fisik, dan sisanya 20% bullying psikologis.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara bullying dengan harga diri siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen menggunakan desain penelitian croos sectional dengan rancangan deskripsi korelasi dan menggunakan analisis uji statistik Spearman Rank. Hasil : Penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara bullying dengan harga diri dengan nilai p value 0,034. Kesimpulan : Ada hubungan antara bullying dengan harga diri siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Saran : Bagi siswa-siswi, diharapakan sudah mengerti dan paham mengenai gambaran perilaku kenakanalan remaja khususnya bullying terhadap harga diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bullying, harga diri, Sekolah Menengah Pertama, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:36
Last Modified: 27 Jan 2023 07:53
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item