HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DALAM PERSONEL HYGIENE DI TK TARBIYATUL ATFAL 02 KALIWUNGU KENDAL

Widyastuti, Rina Fajar (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DALAM PERSONEL HYGIENE DI TK TARBIYATUL ATFAL 02 KALIWUNGU KENDAL. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (FULL PAPER)
Rina Fajar Widyastuti 1671018.pdf - Published Version

Download (39MB)

Abstract

Latar Belakang: Kemandirian anak dalam personal hygiene dapat ditanamkan sejak dini. Salah satu yang mempengaruhi adalah pola asuh orang tua. Hasil studi pendahuluan di TK Tarbiyatul Atfal 02 Kaliwungu Kendal masih diperloleh fenomena anak dengan berbagai tingkat kemandirian. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak dalam personel hygiene. Metode: Studi korelasi dengan design cross sectional. Populasi adalah orang tua murid di TK Tarbiyatul Atfal 02 Kaliwungu Kendal. Sampling dengan total populasi sejumlah 72 orang tua. Pola asuh dan kemandirian anak diukur dengan kuesioner dan dianalisis dengan Uji Rank Spearman. Hasil: Pola asuh orang tua adalah terbanyak pola asuh demokratis dengan persentase 80,6%. Sebagian besar kemandirian personal hygiene sebanyak 65,3%. Hasil uji Rank Spearman menunjukkan nilai p value 0,000 < 0,05 dan nilai Koefisien Rho sebesar 0,708 yang menunjukkan tingkat keeratan hubungan yang kuat. Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak dalam personal hygiene di TK Tarbiyatul Atfal 02 Kaliwungu Kendal. Temuan ini menunjukkan bahwa orang tua berperan dalam mengasuh, membimbing dan mengarahkan anak untuk menjadi mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, kemandirian personal hygiene
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:11
Last Modified: 27 Jan 2023 07:16
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item