HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ASSURANCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS Dr. ADHYATMA, MPH SEMARANG

Sandi, Rika Amalia (2017) HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ASSURANCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS Dr. ADHYATMA, MPH SEMARANG. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (FULL PAPER)
Rika Amalia 1307053.pdf - Published Version

Download (50MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan dalam dimensi assurance menunjukan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas kepada pasien seperti keramahan, kesopanan, dan cara berkomunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan assurance terhadap kepuasan pasien di RS Dr.Adhyatma MPH Semarang. Metode: Jenis penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian non experimental. Metode pendekatan cross sectional, pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling, didapatkan 194 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji rank spearman. Hasil: Sebanyak 63,9% responden menyatakan bahwa kualitas assurance baik, sebanyak 56,7% responden merasa puas dengan pelayanan RS. Hasil uji statistik Rank Spearman terlihat bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan assurance dengan kepuasan pasien di Rawat Jalan RS Dr. Adhyatma MPH Semarang dengan nilai p-value secara berurutan (p=0,000) yang berarti lebih kecil dari ά=0,05 (p<ά), maka Ho ditolak. Kesimpulan: Semakin baik kualitas pelayanan assurance yang diberikan kepada pasien maka pasien akan semakin puas dengan pelayanan Rawat Jalan di RS Dr. Adhyatma MPH Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan assurance, kepuasan pasien.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:58
Last Modified: 27 Jan 2023 07:21
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item