Susana, Ika (2017) PERBEDAAN PEMBERIAN WATER TEPID SPONGE DAN KOMPRES HANGAT TERHADAP SUHU TUBUH PADA ANAK DENGAN DEMAM TIFOID DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (FULL PAPER)
Ika Susana 1307023.pdf - Published Version Download (47MB) |
Abstract
Latar Belakang : Penanganan terhadap demam dapat dilakukan dengan tindakan farmakologis maupun nonfarmakologis dan adapun tindakan keduanya. Tindakan nonfarmakologis adalah tindakan memberikan kompres hangat dan water tepid sponge. Pada bulan Oktober 2016 menunjukkan angka kejadian demam sebanyak 179 anak, sedangkan 26 anak merupakan demam tifoid. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pemberian Water Tepid Sponge dan Kompres hangat terhadap suhu tubuh pada anak dengan tifoid diRSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan analisa Uji Mann Whitney dengan desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment Design, pre-test post-test with nonequivalent control group. Subjek penelitian berjumlah 22 responden yang terdiri 11 responden pada kelompok intervensi dengan Water Tepid Sponge dan 11 responden pada kelompok kontrol dengan Kompres hangat. Hasil : Dalam penelitian ini menunjukkan ada perbedaan pemberian Water Tepid Sponge dan Kompres hangat terhadap sahu tubuh pada anak dengan tifoid. Hal tersebut berdasarkan pada hasil analisis dengan uji Mann Whitney pada pasien tifoid diperoleh data p = 0,001 < 0,05. Kesimpulan : Dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pemberian Water Tepid Sponge dan Kompres hangat terhadap sahu tubuh pada anak dengan tifoid di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Water Tepid Sponge, Kompres , demam tifoid |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:17 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:17 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/900 |
Actions (login required)
View Item |