Analisis Penilaian Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Radiologi

Saputra, Fery Candra (2021) Analisis Penilaian Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Radiologi. Diploma thesis, Fakultas Kesehatan Dan Keteknisian Medis.

[img] Text (Full Paper)
FERY CANDRA SAPUTRA.pdf - Published Version

Download (47MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu cerminan mutu pelayanan kesehatan yang merujuk pada tingkat kesempurnaan fasilitas kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Menurut Abdel Wahed (2017) dan Chioman Henrietta (2019) kepuasan pasien dapat diukur dengan menggunakan Kuisioner dan skala Likert buruk = 1, sedang = 2, baik = 3, cukup baik = 4, sangat baik = 5, sedangkan menurut Teshome Mulisa kepuasan pasien dapat diukur dengan menggunkan model SERVQUAL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Metode Studi Literatur. Waktu penelitian dilakukan dari bulan November 2020 – januari 2021. Penulis melakukan pencarian sember dan bahan pustaka, kemudian menganalisa isi dari jurnal tersebut lalu menuangkan hal yang dibahas sesuai dengan jurnal yang diperoleh, selanjutnya menganalisa data, melakukan pembahasan dan didapat hasil kemudian membuat kesimpulan serta saran. Hasil penelitian ini dalam jurnal Abdel Wahed (2017) bahwa penilaian kepuasan pasien secara keseluruhan adalah 75%, faktor penyebab ketidakpuasan pasien pada pelayanan radiologi terdapat pada aspek Lama waktu menunggu diresepsionis, Efisiensi proses registrasi, Kerahasiaan dan privasi layanan, menurut jurnal Teshome Mulisa dkk (2017) bahwa penilaian kepuasan pasien secara keseluruhan adalah 71.6%, faktor penyebab ketidakpuasan pasien pada layanan radiologi terdapat pada aspek lingkungan fisik dan pada aspek teknik privasi 99,7% pasien merasa tidak puas, menurut jurnal Chioma Henrietta dkk (2018) bahwa kepuasan keseluruhan adalah 73%,faktor penyebab ketidakpuasan pasien terdapat pada aspek biaya layanan dan waktu tunggu pemeriksaan. Saran sebaiknya pelayanan diradiologi lebih ditingkatkan dan lebih dimaksimalkan untuk mencapai standar kepuasan pasien sesuai undang-undang yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: radiologi, kepuasan pasien, Service, Quality
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medik > D3 Teknik Rontgen
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:32
Last Modified: 31 Jan 2023 08:40
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item