Kholifah, Nunung (2020) HUBUNGAN SOFT SKILL PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI RUANG BAITUL IZZAH I RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (Full Paper)
Nunung kholifah 1607038.pdf - Published Version Download (46MB) |
Abstract
Latar Belakang : Perawat yang profesional dan berkualitas harus memiliki ketrampilan hard skill dan soft skill, karena kesuksesan seseorang dalam dunia kerja dipengaruhi oleh soft skill (80%) dan hard skill (20%). Penilaian pasien mengenai soft skill perawat adalah indikator dari kualitas pelayanan keperawatan. kualitas pelayanan keperawatan tercermin dari pelaksanaan asuhan keperawatan yang professional. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 80 responden dari total populasi 100 orang dengan tehnik stratified random sampling. Data diolah menggunakan uji statistic spearman-rank. Telah dilakukan uji etik di RSI Sultan Agung Semarang. Hasil Penelitian : Soft skill perawat yang baik sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang bagus sebanyak 49 (98,0%). Soft skill perawat yang cukup sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang cukup sebanyak 25 (89,3%). Soft skill perawat yang kurang sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang cukup sebanyak 2 (100,0%). Hasil uji spearman-rank diperoleh nilai p 0,049 (p< 0,05). Simpulan : Ada hubungan soft skill perawat dengan kualitas pelayanan di Ruang Baitul Izzah I RSI Sultan Agung Semarang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soft skill, kualitas pelayanan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:00 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:25 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |