Saputra, Aditya Wahyu Eka (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi. Diploma thesis, Fakultas Kesehatan Dan Keteknisian Medis.
Text (Full Paper)
ADITYA WAHYU EKA SAPUTRA.pdf - Published Version Download (42MB) |
Abstract
Sebagian besar keluhan dalam pemeriksaan radiologi adalah gagal memberikan perawatan yang berpusat pada pasien, Keluhan tentang kualitas terkait dengan sistem operasional, keamanan dan profesionalisme kepuasaan pasien menjadi bagian yang integral dan menyeluruh dan kegiatan jaminan mutu layanan kesehatan. Artinya, pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dan pengukuran mutu layanan kesehatan. dan dimensi kepuasan pasien menjadi salah satu dimensi mutu layanan kesehatan yang penting. Pasien yang merasa puas cenderung akan memberikan referensi yang baik kepada orang lain atas suatu kualitas pelayanan yang diterimanya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi radiologi Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Study Literature Review (SLR). Waktu penelitian dimulai bulan Oktober 2020 sampai Februari 2021. Metode pengumpulan data dimulai dengan mencari jurnal terkait kepuasan pasien yang telah terareditasi baik nasional maupun internasional Kemudian jurnal direduksi berdasarkan kriteria inklusi dan relevansi. Jurnal hasil reduksi kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan dan dibuat saran. Hasil penelitian jurnal 1 menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan dengan layanan radiologi antara institusi kesehatan publik dan swasta. Jurnal 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Jurnal 3 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien CT scan dari aspek tangible pelayanan, keandalan pelayanan , jaminan pelayanan, responsivitas pelayanan dan empati pelayanan baik. Dapat disimpulkan berdasarkan item kepuasan pasien bahwa pelayanan CT scan memiliki kategori baik. Sebaiknya bagi petugas di instalasi radiologi harus lebih berempati/ peduli terhadap pasien karena dapat memberikan citra yang baik bagi instalasi radiologi ,rumah sakit dan menambah tingkat kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medik > D3 Teknik Rontgen |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 06:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:40 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |