Gusminandar, Gusminandar (2020) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK RADIOLOGI RSAU dr. M. SALAMUN BANDUNG. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kepuasan pasien dapat menggambarkan kualitas mutu pelayanan dari suatu instansi, sehingga kepuasan pasien rawat jalan di Klinik Radiologi RSAU dr. M. Salamun Bandung dapat diukur dengan menilai mutu pelayanan berdasarkan sepuluh dimensi mutu, yaitu dimensi kompetensi teknis, keterjangkaun atau akses, efektivitas, efisiensi, kesinambungan, keamanan, kenyamanan, informasi, ketepatan waktu dan hubungan antar manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat jalan apakah sudah sesuai berdasarkan Permenkes RI No.129/Menkes/SK/II/2008 dimana pasien dikategorikan puas apabila nilai tiap variabel ≥ 80%. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilakukan pada bulan februari sampai maret 2020. Subyek dari penelitian ini adalah pasien yang menjalani pemeriksaan rawat jalan di Klinik Radiologi RSAU dr. M. Salamun Bandung dengan sampel 100 orang dan obyek penelitiannya yaitu kepuasan pasien rawat jalan. Metode pengumpulan data yaitu berupa kuesioner (angket) yang dibagikan kepada pasien rawat jalan. Data yang diperoleh dari pengisian kuesioner (angket) dikumpulkan kemudian dilakukan editing data, coding data dan tabulasi. Data dianalisis dengan perhitungan menggunakan perangkat lunak program Microsoft Excel 2007 dan IBM SPSS Statistics Viewer untuk memperoleh nilai persentase kepuasan pasien rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase kepuasan pasien rawat jalan sebesar 83%. Hal ini mengindikasikan bahwa kepuasan pasien rawat jalan di Klinik Radiologi RSAU dr. M. Salamun Bandung dapat dikategorikan puas karena nilai kepuasan ≥ 80% sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Berdasarkan dimensi kenyamanan, Klinik Radiologi RSAU dr. M. Salamun Bandung perlu menambah jumlah kursi di ruang tunggu agar pasien dan keluarga pasien dapat duduk semua dengan nyaman ketika menunggu baik itu ketika pasien sepi maupun pasien ramai dan bila perlu memasang televisi agar pasien atau keluarga pasien tidak bosan atau jenuh ketika menunggu giliran untuk pemeriksaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Dimensi Mutu, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medis > D3 Teknik Rontgen |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 06:45 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 06:45 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |