Paramita, Feris Intan (2023) PENGARUH EDUKASI TINDAKAN FOTOTERAPI TERHADAP KECEMASAN IBU BAYI DENGAN HIPERBILIRUBIN DI RUANG PERISTI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (full text)
Feris Intan Paramita.pdf - Published Version Download (48MB) |
Abstract
Latar Belakang: Fototerapi pada bayi dengan hiperbilirubin dapat menyebabkan kecemasan pada ibu bayi karena beberapa alasan. yaitu fototerapi dapat memerlukan waktu yang cukup lama dan bayi harus terus-menerus dalam posisi yang sama selama terapi, yang dapat memengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur bayi. Hal ini dapat membuat ibu merasa khawatir tentang kesehatan dan kenyamanan bayi mereka selama terapi. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy Experiment dengan rancangan pre test dan post test without control group. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang bayinya mengalami hiperbilirubin sebanyak 15. Teknik sampling dalam penelitian ini diambil accidental sampling. Intrumen yang digunakan peneliti zung self-rating Anxiety Scale terdiri dari 20 pertanyaan dan analisis menggunakan uji wilcoxon Hasil: Sebagian besar responden dalam kategori dewasa awal sebanyak 12 (80,0%), berpendidikan SMA sebanyak 8 (53,3%) dan tidak bekerja sebanyak 11 (73,3%), mengalami cemas berat sebelum dilakukan edukasi sebanyak 7 (46,7%), mengalami cemas ringan sedang sesudah dilakukan edukasi sebanyak 9 (60,0%) dan ada pengaruh edukasi tindakan fototerapi terhadap kecemasan ibu bayi dengan hiperbilirubin p value 0,004 (p< 0,05) Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi tindakan fototerapi terhadap kecemasan ibu bayi dengan hiperbilirubin p value 0,004 (p< 0,05)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Fototerapi, Kecemasan, Hiperbilirubin |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 03:52 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 03:52 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |