HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI JKN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION DI KLINIK HANIS JEPARA

DARMAWAN, MUHAMMAD ISNAL FAJRI (2023) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI JKN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION DI KLINIK HANIS JEPARA. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (Full Paper)
MUHAMMAD ISNAL FAJRI DARMAWAN.pdf - Published Version

Download (45MB)

Abstract

Latar belakang: Saat ini Instansi kesehatan menerapkan satu transformasi digital dalam bentuk aplikasi JKN Mobile. Dengan hadirnya JKN Mobile diharapkan mampu memberi kemudahan akses serta pelayanan yang lebih optimal bagi peserta. Dengan JKN Mobile, peserta dapat lebih mudah mengakses beragam informasi terkait program JKN-KIS dengan mudah dan cepat, serta dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan dan kepuasan pengguna JKN Mobile dengan model EUCS di Klinik Hanis Jepara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode penelitian non-eksperimen dengan desain cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi JKN Mobile di Klinik Hanis yaitu berjumlah 480 peserta dan sampel berjumlah 83 responden. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kualitas layanan dan kepuasan pengguna aplikasi JKN Mobile berdasarkan variabel content,accuracy,format,ease of use dan timeliness dengan menggunakan uji Kendall’s tau-b. Hasil Penelitian: Dari hasil analisis bivariat, terdapat hubungan yang kuat antara kualitas layanan dan kepuasan dari dimensi Content dengan nilai keeratan bernilai 0,526. Terdapat hubungan yang sangat lemah antara kualitas layanan dan kepuasan dari dimensi Accuracy dengan nilai keeratan yang bernilai 0,172. Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas layanan dan kepuasan dari dimensi Format dengan nilai keeratan yang bernilai 0,425. Terdapat hubungan yang lemah antara kualitas layanan dan kepuasan dari dimensi Easy of use dengan nilai keeratan yang bernilai 0,404. Terdapat hubungan yang lemah antara kualitas layanan dan kepuasan dari dimensi Timeliness dengan nilai keeratan yang bernilai 0,230. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan pada aplikasi mobile JKN dengan tingkat kepuasaan pengguna aplikasi JKN Mobile.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Aplikasi JKN Mobile, Kepuasan Pengguna Aplikasi JKN Mobile
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan Bisnis dan Teknologi > S1 Informatika Medis
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:37
Last Modified: 01 Dec 2023 06:37
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item