TEKNIK PEMERIKSAAN RADIOLOGI MOLAR PADA KLINIS IMPAKSI DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMODALITAS

RAIHAN, RAIHAN (2022) TEKNIK PEMERIKSAAN RADIOLOGI MOLAR PADA KLINIS IMPAKSI DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMODALITAS. Diploma thesis, Universitas Widya Husada Semarang.

[img] Text (FULL PAPER)
RAIHAN.pdf - Published Version

Download (44MB)

Abstract

Latar Belakang: Secara umum gigi Impaksi yaitu keadaan terhalang oleh gigi tetangga, tulang atau jaringan lunak sekitarnya baik sebagian maupun seluruhnya. Gigi Impaksi dapat diperkirakan secara klinis dan dapat dipastikan dengan pemeriksaan radiografi. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh dari tiga jurnal internasional. Hasil Penelitian: panoramic memiliki kelemahan pada hasil gambaran yang hanya dua dimensi sehingga tidak dapat memperlihatkan kedalaman struktur anatomis dan hanya bisa memposisikan kanal mandibula pada bidang vertikal. Selain itu panoramic juga tidak dapat merekonstruksi secara tiga dimensi. Sedangkan CBCT memiliki kelebihan dapat memperlihatkan struktur gigi dari bidang sagittal, axial, maupun coronal yang berarti gambaran menjadi detail dan mengurangi kekeliruan interpretasi. Selain itu CBCT juga mempunyai fitur merekonstruksi gambaran menjadi tiga dimensi sehingga gambaran menjadi lebih mendetail. MRI selain menghasilkan gambaran yang lebih mendetail, juga memiliki kelebihan yaitu bebas radiasi sehingga sangat aman untuk pemeriksaan berulang. Kesimpulan: CBCT dan Panoramic memiliki perolehan radiasi yang sangat tinggi. Dengan begitu MRI yang bebas radiasi lebih efektif untuk pemeriksaan Molar pada klinis Impaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impacted Molar, Panoramic, MRI, CBCT.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medik > D3 Teknik Rontgen
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:50
Last Modified: 30 Jan 2023 04:21
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item