Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi

Laksono, Wahyudi Aji (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi. Diploma thesis, Fakultas Kesehatan Dan Keteknisian Medis.

[img] Text (Full Paper)
WAHYUDI AJI LAKSONO.pdf - Published Version

Download (52MB)

Abstract

Dalam penelitian studi literatur ini penulis menemukan perbedaan mengukur tingkat kepuasan pasien dari tiga jurnal yang digunakan.Menurut Kartika dkk, (2017), yang mencakup 4 aspek penilaian kepuasan (open-endedness, empathy, abilities, dan general satisfaction). Sebagian besar pasien memberikan penilaian kepuasan pada tingkat puas (71%). Menurut Dian dkk, (2020), Kepuasan pasien dapat dinilai dari 5 variabel meliputi tangible, responsiveness, realibility, emphaty dan assurance. Sebagian besar responden merasa puas yaitu 102 (53,2%), sedangkan hanya 90 orang (46,9%) yang merasa tidak puas dengan pelayanan diinstalasi radiologi. Menurut Yoel dkk (2018), Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja petugas, waktu tunggu dan asuransi. Standar pelayanan radiologi yang tertuang dalam keputusan Mentri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yaitu kepuasan pelanggan di tetapkan ≥80%. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kepuasan pasien dan faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif metode studi literatur dengan analisa jurnal. Waktu penelitian dilakukan mulai dari bulan November 2020 – januari 2021. Penulis melakukan pencarian sumber dan bahan pustaka, kemudian menganalisa isi dari jurnal tersebut kemudian menuangkan hal yang dibahas sesuai dengan jurnal yang diperoleh, selanjutnya menganalisa data, melakukan pembahasan, hasil kemudian membuat kesimpulan serta memberikan saran. Hasil penelitian pada ketiga jurnal tersebut, kepuasan pasien pada jurnal 1 Kartika (2017) dan jurnal 3 yoel midel (2018) sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Permenkes RI No. 129 tahun 2008, akan tetapi untuk jurnal 2 Dian (2020) belum memenuhi standar pelayanan minimal yang disebabkan oleh komunikasi petugas kesehatan, sarana dan prasarana dan waktu pelayanan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien menurut Kartika dkk (2017), adalah kualitas komunikasi radiografer terhadap pasien, menurut Dian dkk (2020), adalah variabel responsiveness, emphaty dan assurance, dan menurut Yoel midel dkk (2018), faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah kinerja petugas kesehatan dan waktu tunggu. sebaiknya bagi instalasi radiologi dapat memperbaiki kualitas pelayanan dari segi komunikasi petugas kesehatan, sarana dan prasarana dan waktu pelayanan guna tercapainya standar pelayanan minimal kepuasan pasien yang sudah ditetapkan oleh Permenkes RI No. 129 tahun 2008.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan, Radiologi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan dan Keteknisian Medik > D3 Teknik Rontgen
Depositing User: Admin Cakep Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:51
Last Modified: 31 Jan 2023 07:03
URI: http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item