Setyowati, Bening (2022) PENERAPAN PERAWATAN LUKA DENGAN METODE MOIST WOUND HEALING PADA PASIEN DIABETIKUM TIPE 2. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Text (FULL PAPER)
Bening Setyowati.pdf - Published Version Download (65MB) |
Abstract
Latar Belakang: Luka diabetik merupakan luka kronik Diabetes Mellitus ditandai dengan luka terbuka pada permukaan kulit yang dapat disertai adanya kematian jaringan sekitar luka.Pada awalnya luka diabetik dikategorikan sebagai luka biasa akan tetapi jika luka salah dalam penanganannya maka luka akan mengalami infeksi, ulserasi dan gangrene. Moist wound healing merupakan metode untuk mempertahankan kelembaban luka dengan menggunakan balutan penahan kelembaban, sehingga penyembuhan luka dan pertumbuhan jaringan dapat terjadi secara alami Tujuan: Penerapan Perawatan Luka Dengan Metode Moist Wound Healing Pada Pasien Diabetikum Tipe 2. Metode: penelitian ini menggunakan desain studi kasus deskriptif, riset yang berupaya mendeskriptifkan sesuatu indikasi kejadian yang terjalin pada disaat saat ini ataupun masa aktual. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 pasien DM tipe 2 dengan luka ulkus diabetikum Hasil : Evaluasi akhir dari tindakan keperawatan menggunakan penerapan perawatan luka dengan metode moist wound healing,diperoleh hasil bahwa pasien merasa lebih nyaman,luka pada pasien sudah mengalami perubahan ke arah lebih baik yaitu dengan ditunjukkanya jaringan yang mulai tumbuh dan luka sudah membaik. Kesimpulan: Terdapat efektivitas dalam perawatan luka ulkus kaki pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan menggunakan metode moist wound healing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ulkus, Diabetes Militus tipe 2, metode moist wound healing |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Admin Cakep Perpus |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 07:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 08:54 |
URI: | http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/1057 |
Actions (login required)
View Item |